Upgrade Lollipop Samsung Galaxy Grand Prime Dengan Odin

PROLOG!!! Marin ada teman yang punya SGGP alias Samsung Galaxy Grand Prime minta bantuan untuk di upgrade'in ke Lollipop. Malas sih, tapi karena dah merengek-rengek mirip anak kecil dengan tampang menyebalkan, akhirnya saya bantuin. Yah, lumayan tuk pengalaman ngeflash Grand Prime. Kenapa harus via odin? karena HHnya sudah root dan terinstal cwm , jadi kagak bisa upgrade via ota. Sudah mencoba upgrade lewat via ota dengan wanam xposed pengaturan fake status di centang, tapi gagal pas nginstal.

Pertama-tama nyari insformasi. Ternyata untuk Firmware, harus dengan pita dasar yang sama. Lalu tahu jika jenis SGGP di negara ini ada 2, yaitu dengan basic pita dasar hxxu dan hxcu. Kemudian dengan susah payah nyari link firmware versi indonesia atau xse, susah, karena saat ini lebih banyak bertebaran fw Lollipop versi rusia. Dengar-dengar versi indo lebih hemat baterai.

CATATAN!!! Ini adalah pertama kalinya saya ngeflash SGGP, maklum karena bukan punya saya dan lum pernah memilikinya. Mungkin termasuk yang beruntung, syukurnya langsung berhasil hehee, karena download fw yang tepat. Biasanya kalau lagi sial, bisa saja salah download dengan fw yang korups dan akhirnya bootloop. Pernah terjadi waktu flash Xperia J saya. Jadi jangan panik, selama bootloop masih bisa di tangani. 

Upgrade Lollipop Samsung Galaxy Grand Prime Dengan Odin


Bahan-bahan
  1. Odin v3.10.6
  2. USB Driver samsung 
  3. Firmware -> HXXU <- -> HXCU <- PENTING!!! pilih berdasarkan pita dasar dari SGGPnya masing-masing.

Cara instal
  1. Instal driver samsung <- kalau sudah pernah instal, bisa di lewati.
  2. Extrack Odin dan firmware yang telah di download. dan kumpulkan dalam satu folder agar ntar mudah di cari.
  3. Matikan SGGP dan masuk download mode -> caranya hidupkan dengan menekan tombol "power + home + vol min" kemudian "vol plus" untuk masuk download mode
  4. Kemudian buka odin dengan "run as administrator" dan hubungkan SGGP dengan laptop yang sudah terinstal driver samsung tentunya. Pastikan ID:COM berwarna biru yang menandakan tersambungnya koneksi.
  5. Kemudian klik PDA/AP dan cari extrack'an firmware Lollipop yang tadi telah di download. Pastikan juga file berextensi ".md5" atau ".tar". tunggu beberapa saat, sampai muncul di PDA.
  6. Masuk option dan centang. F. reset time dan auto reboot.
  7. Tunggu proses berlangsung. dan inilah yang membuatku takjub, proses flash SGGP berlangsung lebih singkat dari HH lain yang sudah mampir di tanganku. Cuma 2 menitan guys.
  8. Jika ada tulisan "PASS" di atas ID:COM dan SGGP reboot otomatis. tunggu saja, karena proses booting lebih lama sampai masuk home screen.
  9. taraaaa. kini SGGPnya sudah upgrade ke neng Lolli. Untuk hasil maksimal bisa di lakukan wipe data/ reset factory dulu untuk hasil yang maksimal -> masuk recovery bawaan dengan cara " matikan SGGP - tekan tombol power  + home + vol min  bersamaan - pilih wipe data.

Gambar untuk memperjelas

Upgrade Lollipop Samsung Galaxy Grand Prime Dengan Odin
"Tutorial masuk download mode samsung"

Upgrade Lollipop Samsung Galaxy Grand Prime Dengan Odin
"1. Pastikan ID:COM berwarna biru untuk memastikan SGGP dan laptop terhubung"
"2. Klik PD/PDA dan cari file fw Lollipop yang telah di download "

Upgrade Lollipop Samsung Galaxy Grand Prime Dengan Odin
"Masuk option dan centang hanya F. Reset Time dan Auto Reboot"


Demikianlah posetingan saya kali ini. Terima kasih telah mampir guys.