Cara Pasang TWRP + Root Samsung Galaxy j5


Cara Pasang TWRP + Root Samsung Galaxy j5


Sudah tahu dengan Root kan? konsekuensi nya? dan keuntungannya?

Yups Dengan root, kita bisa memindahkan data game ke External sd card menggunakan foldermount, bisa mengoptimalkan penggunaan ram menggunakan fitur eksperimental dari greenify, membekukan aplikasi sistem yang kita kira menuh-menuhin drawer hehee, mengunci signal kita ke 4G LTE, dan lain sebagainya (Bisa penuh ntar kalau di jabarin)

Ada keuntungan, tentu ada juga kerugiannya. Konsekuensi root yang paling vital adalah garansi kita akan hangus. Kemudian dengan adanya root aplikasi Knox andalan samsung yang konon sangat bisa diandalkan dengan keamanannya. Tidak akan bisa kita gunakan lagi, meski kita telah mengunrootnya atau mengeflash ulang firmwarenya kembali. Jadi sebelum melangkah lebih jauh, pikirkan baik-baik. 

Yang saya pikirkan... Saya lebih penasaran bagaimana menggunakan odin untuk flash twrp dari pada garansi yang tersisa di j5 saya, jujur baru satu minggu beli dah saya root. yang selanjutnya adalah KNOX bagi saya adalah aplikasi yang tidak begitu berguna. Singkatnya isi di j5 saya bukanlah informasi-informasi yang amat penting hingga perlu di lindungi oleh KNOX. Fungsi KNOX yang bisa menggandakan aplikasi juga bagi saya tidak berguna, membebani ram malahan.

Jangan takut bootloop jika memakai cara ini. amaaaan, cuz sudah beberapa kali nyoba

Bahan-bahan

Tutorial Root 
  1. Download semua bahan yang ada di atas.
  2. Instal Driver Samsung pada Laptop/PC, untuk membuat j5 bisa terdeteksi/ terbaca oleh odin. Ngeceknya: sambungkan j5 dengan PC, Jika ID:COM yang berada di kiri atas layar berwarna biru itu berarti driver samsung sudah sukses terinstal.
  3. Pindahkan file UPDATE-SuperSU-v2.46.zip ke internal atau external sd j5. Taruh di luar folder agar mudah di cari.
  4. Di j5: masuk setting-> about phone-> klik built number sekitar 7x atau sampai muncul pilihan pengembang/ Developer options di dalam menu seting. Jika sudah muncul aktifkan pilihan pengembang/ Developer options, aktifkan juga pilihan USB debugging dan pilihan oem terbuka kunci. pastikan keduanya aktif dan sudah berganti warna
  5. Di j5: Matikan j5, pada keadaan mati tekan tombol volum down + home + power secara bersamaan. Lalu tekan tombol volum up untuk masuk download mode.
  6. Buka odin (klik kanan-> run administrator) di laptop, lalu hubungkan j5 yang dalam keadaan download mode dengan laptop menggunakan kabel usb. cek lagi ID:COM harus berwarna biru, yang menandakan adanya hubungan j5 dengan odin.
  7. Pada Progam Odin klik tombol AP dan cari file bernama "twrp-3.0.0.0-j5-v5.tar.md5" yang sebelumnya sudah didownload. Lalu klik/ tekan tombol start pada odin dan tunggu sampai prosesnya selesai dengan tanda munculnya tulisan PASS di atas ID:COM.
  8. Copot USB dari j5 dan biarkan j5 masuk ke menu Homescreen. Matikan lagi j5 nya, pada keadaan mati tekan tombol volume up + home + power sampai masuk TWRP. Dalam TWRP pilih atau tekan tombol instal-> lalu pilih file UPDATE-SuperSU-v2.46.zip yang telah kita pindahkan/taruh tadi di j5. Tunggu sampai prosesnya selesai, setelah itu di TWRP pilih Reboot dan tunggu j5 masuk Homescreen.
  9. Selamat, kini j5 teman-teman telah teRoot. dan bisa kita check melalui aplikasi dari Play Store yang bernama Root Checker.
  10. Untuk menghindari notif seand bla bla bla. instal links2sd/ titanium backup lalu bekukan aplikasi yang berhubungan dengan KNOX, termasuk Security log agent

  PENTING !!! DWYOR / Lakukan dengan resiko masing-masing