Reicast (Emulator Ringan Dreamcast)



Reicast (Emulator Ringan Dreamcast)


Reicast adalah sebuah emulator untuk konsol besutan Sega yang bernama Dreamcast. Sebuah konsol yang sedikit kualitasnya di atas Playstation pertama. Kanapa saya bilang lebih baik? itu karena ada beberapa game dari Dreamcast yang justru keluar di PS 2. Sebut saja. Doa 2 dan Resident Evil Code Veronica X. Dan jujur saja, alasan saya mengulas emulator ini, adalah karena saya ingin memainkan kembali game RE Code Veronica X secara portable. Sekaligus memamerkannya hehee ๐Ÿ˜. Intinya, cuman karena RE lah saya ingin membahas emulator ini.

Nitip curhat ya: Sebenarnya saya ingin juga memainkan game Resident evil Zero lewat emulator Dolphin. Cuman karena R4P saya bukanlah sebuah device yang bisa di bilang mumpuni, hasilnya sangat lag guys ๐Ÿ˜ข cuman dapat fps 3-4 doang njirrr๐Ÿ˜ฐ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ก. Jadi kalau ada yang punya HP R4P juga dan main emulator Dolphin dengan lanjay, mohon info dan rahasianya. ๐Ÿ˜ Setingan atau main di custom rom apa gitu misalnya. ๐Ÿ‘ˆ Permintaan dari penggemar Resident Evil, jadi mohon di bantu ya ๐Ÿ˜€ Tapi kalau kaga ada juga ga apa-apa, saya sih sudah sadar dengan kemampuan HP milik saya. Cuman siapa tahu saja ๐Ÿ˜Š Masih tersisa sedikit harapan.

Emulator ini adalah emulator yang ringan loh, karena dulu saya pernah mencobanya di HP low end kesayangan si Max C, dan berjalan sangat lancar. Jadi bisa saya katakan kalau game-game yang berjalan di emulator ini sangatlah Playable alias layak dimainkan. Kapan lagi kita akan memainkan tokoh bersaudara Redfield ini di HP kesayangan kita. Menembaki para zombie dan menikmati ceritanya yang menarik.

Yang jadi pikiran saya saat menulis postingan ini adalah membuat tutorial cara instalnya. Karena mungkin akan ribet untuk beberapa orang yang tidak terbiasa mengotak-atik sebuah aplikasi atau main emulator. Tapi akan saya buat sedetil dan sejelas mungkin. Nanti kalau ada masalah bisa di tanyakan di kolom komentar. Lagi pula ada beberapa game dalam konsol ini yang mungkin tidak keluar di konsol PS1 ataupun PS2. 
 

Reicast vr7

 apk -> download - mirror <- 4.4mb
bios -> download - mirror <- 1.0mb

Tutorial Instal dan memainkan game di dalamnya.
  1. Download dan instal Reicast beserta biosnya.
  2. Nah mulai dari no 2 ini baca baik-baik. Extract bios di tempat yang mudah di ingat. Terserah dimana. Kalau dalam contoh ini, saya menaruhnya di Internal/ dc/ dreamcast_bios/ <- di sini.
    Reicast (Emulator Ringan Dreamcast)
  3. Download game Dreamcast yang biasanya berextensi .cdi. Lalu taruh juga di tempat yang bisa kalian temukan dengan mudah. Dalam contoh saya menaruhnya di Sdcard/ Rom/ <- di sini
    Reicast (Emulator Ringan Dreamcast)
  4. Buka Reicast yang telah terinstal, kemudian pencet sebuah menu di kanan atas/ pojokan kanan atas, dan pilih menu settings.
  5. Dalam menu settings. Pada baris pertama, cari folder bios yang tadi telah kalian taruh. Kemudian untuk baris kedua cari folder tempat game yang telah agan download. Lebih jelasnya, silakan lihat gambar.
    Reicast (Emulator Ringan Dreamcast)
  6. Jren-jreng. Maka bios dan list game akan tersedia di menu utama/ browser dari emulator ini. Yang berarti game telah siap untuk di mainkan.
    Reicast (Emulator Ringan Dreamcast)
  7. Sebelum main, format dulu kartu memory save data dari emulator ini lewat menu di dalam bios. Agar bisa save data saat memainkan gamenya.
  8. Beberapa Screenshot saat saya memainkan salah satu game favorit saya di ps2. Resident Evil Code Veronica X
    Reicast (Emulator Ringan Dreamcast)
    Reicast (Emulator Ringan Dreamcast)
    Reicast (Emulator Ringan Dreamcast)
Akhir kata, terima kasih telah mengunjungi Blog saya yang masih cupu ini.... hehehe